MOLINA1

MOLINA

(Motor Listrik Sederhana)

Kelas        : XII. IPA

Semester  : 1

 

No Standar Kompetensi Kompetensi Dasar Materi / Pokok Bahasan
1 2. Menerapkan konsep kelistrikan dan kemagnetan dalam berbagai penyelesaian masalah dan produk teknologi 2.2  Menerapkan induksi magnetik dan gaya magnetik pada beberapa produk teknologi Gaya magnetik (gaya lorentz)

Abstraksi

Molina ini digunakan untuk menunjukkan aplikasi dari konsep gaya Lorentz. Molina ini juga dapat digunakanuntuk menunjukkan arah dari gaya Lorentz dengan mengubah arah arus yang mengalir (kutubnya baterai diubah-ubah) pada rangkaian.Dengan alat ini siswa diharapkan dapat belajar sambil mengaplikasikan, mengkreasikan pengetahuannya dalam dunia nyata, dengan menggunakan alat dan bahan yag relatif murah, dan lebih sederhana.

Molina ini dilengkapi dengan 2 baterai, kawat bendrat, kumparan (lilitan kawat email), magnet yang dirangkai sedemikian hingga seperti yang ditunjukkan oleh gambar. Keunikan alat ini adalah dibuat dengan menggunakan barang bekas.

Capture6.JPG

Alat dan bahan yang digunakan adalah baterai, magnet, selotip bening, cutter, dobel selotip, kawat email, kawat bendrat dan aluminium foil.

Cara membuat alat ini adalah sebagai berikut.

  • Kawat bendrat dipotong sekitar 40 cm (dua buah)
  • Membuat tiang penyangga dari kawat bendrat tersebut,salah satu ujungnya dililitkan pada jeruji sepeda sehingga

terbentuk bulatan,

  • Kemudian ujung kawat yang lain lilitkan pada magnet,dengan berhadapan lurus. Tinggi penyangga kanan dan kiri harus sama
  • Membuat lilitan (kumparan) dari kawat email, sekitar 20 lilitan
  • Mengupas kedua ujung lilitan pada salah satu sisinya (berguna sebagai cincin) (kupas/kerik sebersih mungkin, agar cat pada kawat email hilang.
  • Memasukkan kedua ujung kmpaan tersebut di lubang penyangga.
  • Menghubungkan kedua ujung kawat penyangga dengan kutub-kutub baterai dan siap digunakan.
Mengetahui,
Kepala MAN Baureno

 

 

Dra. FARIKHAH

NIP. 19620824 199003 2 003

Guru Mata Pelajaran

 

 

KISWANTO, S.Pd

NIP.19821201 200501 1 003