Kapal Selam1

Kapal Selam1

(Mengapung, Melayang, Tenggelam)

 

Kelas           : XI IPA

Semester    : 2

No Standar Kompetensi Kompetensi Dasar Materi / Pokok Bahasan
1 Menerapkan konsep dan prinsip mekanika klasik sistem kontinu dalam menyelesaikan masalah Menganalisis hukum-hukum yang berhubungan dengan fluida statik dan dinamik serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari Fluida Statis (mengapung, melayang dan tenggelam)

Hukum pascall

 Abstraksi

Kapal Selam1 merupakan media pembelajaran yang dapat menunjukkan fenomena dan penyebab benda dapat mengalami peristiwa mengapung, melayang dan tenggelam. Dengan alat ini siswa dapat mengetahui syarat terjadinya mengapung, melayang dan tenggelam ditinjau dari perbedaan massa jenis benda dengan massa jenis fluida.

Kapal Selam1 dapatdigunakan media demonstrasi guru menjelaskan syarat terjadinya mengapung, melayang dan tenggelam ditinjau dari perbedaan massa jenis benda dengan massa jenis fluida.seperti yang dibahas pada materi FLUIDA STATIS (Gaya Archimedes) di kelas XI IPA semester 2

Capture3.JPG

Gambar1: Kapal Selam 1                     Gambar2: Cara Kerja Kapal Selam 1

Kapal Selam1 ini sangat sederhana dengan menggunakan barang bekas sehingga murah harganya dan mudah cara mencarinya. Alat dan bahan yang dipakai adalah botol air minum bekas 1,5 Liter, sedotan minuman, dan pemberat (besi/kawat).

Cara pembuatan alat:

  • Sedotan air minum dipotong kira-kira 8 cm, kemudian ditekuk simetris kemudian pertemuan kedua ujungnya diberi pemberat atau dililiti dengan kawat. (diatur sedemikian hingga tidak tenggelam atau melayang tetapi sedikit mengapung)
  • Botol air minum diisi penuh dengan air kemudian sedotan dimasukkan kedalamnya setelah itu botol ditutup rapat.
  • Untuk menggunakan dengan cara botol ditekan, maka kapal selam akan turun, bila dilepas maka akan naik kembali, begitu seterusnya.
Mengetahui,
Kepala MAN Baureno

 

 

 

Dra. FARIKHAH

NIP. 19620824 199003 2 003

Guru Mata Pelajaran

 

 

 

KISWANTO, S.Pd

NIP.19821201 200501 1 003